Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

Asal Usul Sejarah Kabupaten Karanganyar

Bookmark and Share
kabupaten karanganyar, tempat wisata karanganyar
Pesona Karanganyar
Terbentuknya Kabupaten Karanganyar dimulai dari  pemerintahan desa yang kecil,yang terbentuk pada masa perjuangan Raden Mas Said,pada tahun 1741-1757.ketika itu
Dia yang dikenal sebagai pangeran sambernyawa menjadikan beberapa daerah sebagai pusat perlawanan terhadap Belanda, Daerah-daerah tersebut adalah daerah Nglaroh, Sembuyan, dan Matesih yangh selanjutnya menjadi titik awal prtoses pertumbuhan pemerintahan. (Tapi sekarang jadi tempat wisata lho.).
Pada tahun 1917 denghan RIJKSBLAD Mangkunegaran nomor37 dibentuk 2 kabupaten yaitu Karanganyar dan Wonogiri dan pada tanggal 18 November 1917kanjeng gusti pangeran Arya mangkunegaran VII melantik KRMT.Hardjo Hasmoro sebagai bupati Karanganyar.

Berdasarkan RIJKSBLAD Mangkunegaran nomor 10 tahun 1923 kabupaten karanganyar dibagi menjadi 3 wilayah kawedanan yaitiu
•    Kawedanan Karanganyar
•    Kawedanan Karangpandan
•    Kawedanan Jumapolo
Dalam 3 Kawedanan tersebut terdapat 14 wilayah Kapanewon/Kecamatan yaitu:
1.    Karanganyar
2.    Tasikmadu
3.    jaten
4.    Kebakkramat
5.    Mojogedang
6.    Karangpandan
7.    Matesih
8.    Tawangmangu
9.    Ngargoyoso
10.    Kerjo
11.    Jumapolo
12.    Tugu
13.    Jatipuro
14.    Jatiyoso
Setelah proklamasi kemerdekaan 3 kapanewon yang sebelumnya tidak masuk wilayah Karanganyar,setelah kemerdekaan dimasukkan  yaitu:Malangjiwan(sekarang Colomadu),Kaliyoso(sekarang Gondangrejo) dan Jenawi.Sejak saat itu wilayah kabupaten Karanganyar menjadi 17 Kapanewon/Kecamatan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terbentuknya Kabupaten Karanganyar dimulai dari pemerintahan desa yang terbentuk pada masa perjuangan RM Said (1941-1957),Kemudian diikuti dengan dibentuknya kabupaten karanganyar pada tangggal 18 november 1917.Dengan peraturan daerah tingkat II karanganyar nomor 20 tahun 1998 tentang hari jadi Kabuparten Karanganyar maka hari jadi kabupaten karanganyar ditetapkan pada tanggal 18 November 1917.


Materi Pelajaran Terkait: