Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

Cara Kerja Hard Disk Drive

Bookmark and Share
 Kita telah banyak mengenal alat-alat penyimpanan, macam-macam perangkat penyimpanan yang sering kita jumpai adalah sebagai berikut:

Disk drive (penggerak cakram)
Disk drive adalah perangkat standar yang harus ada pada sebuah Personal komputer. Alat ini digunakan untuk memberikan data dari luar PC atau untuk menerima data dari PC. Disk drive ini ada bahan lentur (floppy) dan ada yang bahannya keras (hard disk).

Floppy disk drive (penggerak cakram lentur)
Floppy disk drive tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas. Saat ini yang banyak digunakan adalah disk drive dengan ukuran 3,5 inci berkapasitas 1,44 Mega byte. Di samping itu juga telah tersedia disk drive dengan kapasitas mendekati kapasitas hard disk. Disk drive ini memang tidak bisa mengakses floppy disk biasa melainkan jenis disk yang lain , misalnya zip drive, jaz disk, compact disk (CD), digital video disk (DVD), dan lain-lain. Salah satu bentuk disk drive adalah seperti berikut;

Hard disk drive (penggerak cakram padat)
Hard disk drive adalah sejenis perangkat penyimpan data yang selalu berada dalam kotak sebuah Personal Computer. Drive ini dikenal dengan nama non removable disk drive. Hard disk drive ini mempunyai piringan dengan permukaan yang sangat halus. Ada beberapa piringan dan setiap   Gb. Hard disk drive. piringan terdapat dua kepala (head) baca/tulis. Head ini dipegang oleh lengan (arm) yang dapat bergerak dalam jarak tertentu dari pinggir piring (plate) menuju arah titik pusat lingkarannya.

Pengaturan bekerjanya piringan dan head ditentukan rangkaian pengatur hard disk dan transfer data dari dan ke hard disk. Hard disk ini mempunyai persyaratan dalam pemakaian dan penyimpanannya, antara lain adalah;
•    jauhkan dari medan magnet
•    jangan ada benturan yang keras
•    jangan disimpan di tempat yang panas
•    jangan membuka tutup kotak hard disk di tempat terbuka.
Jika hal di atas diabaikan besar kemungkinan akan terjadi kerusakan fisik atau kehilangan data dari hard disk.


Materi Pelajaran Terkait: