Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

Proses Pencitraan Gambar DiLayar Monitor

Bookmark and Share
Proses pincitraan gambar dilayar monitor dan efek negatif yang ditimbulkan
LCD Monitor
Perkembangan ilmu komputer yang sangat pesat diiringi dengan meningkatnya pemakain komputer di tengah masyarakat. Kemampuan komputer sebagai pengolah kata dan pengolah data merupakan sarana yang sangat membantu. Secara umum pemakaian komputer bergantung pada jenis pekerjaan dan sipemakai itu sendiri. Lamanya pengoperasian komputer berbeda antara seorang praktikan dengan seorang yang bekerja di kantor ataupun dengan seorang operator komputer.

Komputer sebagai produk teknologi mutakhir tetap membawa dampak bagi kehidupan kita. Monitor sebagai salah satu perlengkapan perangkat komputer dapt menimbulkan radiasi. Walaupun secara umum dampak potisif lebih besar dari dampak negatifnya, tetapi perlu juga diperhatikan.

Proses Terjadinya Gambar ( Citra ) Di Layar ( CRT )
Permukaan layar bagian dalam sebenarnya dilapisi oleh ribuan titik fosfor yang dapat berpendar (menyala). Berdasarkan lamanya berpendar dan kemudian meredup kembali, maka fosfor ini dikategorikan dalam short, medium-short, medium-long, dan long.
Monitor monokrom biasanya menggunakan fosfor dari jenis medium-long, dimana fosfor tersebut dapat berpendar dalam waktu yang cukup lama sesudah aliran elektron yang dihentikan. Biasanya penggunaan fosfor jenis ini akan menimbulkan suatu gejala yang disebut dengan bayangan setan (ghost). Bayangan setan ini timbul karena fosfor tadi tidak cukup cepat meredup kembali dalam proses penampilan citra (gambar) yang membutuhkan kecepatan yang tinggi (misalnya bila dilakukan scrolling), sehingga seolah-olah akan timbul bayangan disekitar citra tersebut. Monitor-monitor sekarang ini, terutama dari jenis monitor SVGA, menggunakan fosfor dari jenis medium-short yang dapat berpendar dan meredup kembali dalam waktu yang cukup cepat. Penggunaan fosfor ini dapat membantu untuk melakukan perubahan citra dengan cepat dan menghilangkan efek bayangan setan.

Pada bagian belakang monitor terdapat suatu alat yang berguna untuk menghasilkan pancaran elektron yang disebut dengan tabung elektron. Proses aliran elektron itu sendiri sebenarnya berjalan dari kutub negatip ke kutub positip atau dari tabung elektron (katoda/negatip) menuju bagian dalam layar yang dilapisi fosfor (anoda/positip). Tabung elektron itu dikelilingi oleh suatu koil magnetik yang disebut yoke. Yoke ini berguna untuk membiaskan pancaran elektron ke dalam aliran elektron.

Monitor monokrom menggunakan satu tabung elektron dan fosfor dengan warna tunggal, sedangkan monitor berwarna menggunakan tiga tabung elektron dan fosfor yang berwarna ( umumnya tiga warna ). Masing-masing tabung elektron itu akan menyinari fosfor yang terdiri dari warna merah, hijau, dan biru ( RGB ).

Gambar (citra) yang ditampilkan dilayar (CRT) sebenarnya merupakan hasil dari aliran tembakan elektron pada permukaan yang dilapisi secara kimiwi oleh fosfor. Fosfor tersebut akan berpendar-pendar ketika dipancari oleh elektron. Dengan cara penembakan mati-hidup secara berganti-ganti dan terpola akan menghasilkan sebuah pola dari sejumlah pixel yang menyala dan gelap sehingga akan menghasilkan warna-warna yang berbeda, disepanjang jalur yang dilalui oleh elektron yang ditembakan.

Sapuan tembakan elektron dimulai dari posisi paling kiri atas disudut monitor dan berjalan terus ke arah paling kanan secara horizontal. Pada akhir baris, proses penyinaran dihentikan, untuk mempersiapkan pancaran pada baris berikutnya. Proses perabaan (scanning) ini akan terus berlanjut, baris demi baris ke bawah. Sesudah semua baris selesai, maka pancaran elektron akan dimulai lagi dari posisi paling kiri atas, dan proses scanning akan terulang lagi.
Setiap monitor memiliki tirai (mask) untuk membantu agar pancaran elektron itu lebih terfokus pada fosfor. Tirai ini terletak diantara tabung elektron dan lapisan fosfor, yang terbuat dari suatu campuran bahan non-magnetik dan terhadap panas. Berdasarkan desainnya, maka tirai ini dibedakan menjadi “dot mask/shadow mask“ (tirai titik ) dan “strip mask“ (tirai garis). Umumnya monitor SVGA menggunakan tirai dari jenis “dit mask“.


Materi Pelajaran Terkait: