Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

Sejarah Rekam Medis Di BBKPM Surakarta.

Bookmark and Share
rekam medis, pekerjaan seorang rekam medis.
Rekam Medis
Sejak awal rumah sakit  BBKPM berdiri rekam medis diolah oleh perawat dan profesi lain karena belum adanya tenaga yang mempunyai kompetensi di bidang rekam medis. Awalnya document rekam medis masih berbentuk kartu dan sistem penjajaran menggunakan sistem angka langsung (straight numbering system). Contoh sistem penjajaran:
    00 00 01-97        00 00 01-98
    00 00 02-97        00 00 02-98
    00 00 03-97        00 00 03-98
Angka 97 adalah angka tahun. Setiap awal tahun terbit nomor rekam medis dari nomor awal lagi. Dengan keterangan kartu putih untuk laki-laki dan kartu merah untuk perempuan.

Pada tahun 2008 terjadi penambahan dua tenaga rekam medis dan bulan September 2008 mulai ada System Informasi Kesehatan (SIMKES). Dokumen rekam medis mulai dibuat dalam bentuk folder rekam medis yaitu RM 01, RM 03, RM 09. Awalnya sistem penjajaran diganti dengan sistem angka akhir (Terminal Digit Filling), tetapi hanya berlangsung beberapa bulan dikarenakan masih sulit diterapkan di BBKPM, sehingga sistem penjajaran diganti seperti semula yaitu menggunakan sistem angka langsung (Straight Numbering System) karena sistem tersebut lebih mudah dalam penerapanya. Sistem penjajaran angka langsung ini digunakan sampai sekarang.

Tujuan diselenggaranya relam medis di BBKPM Surakarta adalah sebagai penunjang tertib administrasi, yang mencakup fungsi rekam medis yaitu: administrasi, legal, financial, riset, pendidikan dan dokumentasi.

Prosedur Penerimaan Pendaftaran Pasien (Rekam Medis di rumah sakit BBKPM Surakarta).
  • Prosedur Penerimaan Pasien Baru
  • Penerimaan Pasien Baru ASKES (Asuransi Kesehatan Masyarakat)/ PKMS (Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat)/ JAMKESMAS (Jaminan Kesehatan Masyarakat).
  • Penerimaan Pasien Lama
  • Penerimaan Pasien Lama ASKES?/ PKMS/ JAMKESMAS
  • Penerimaan Pasien One  Day Care



Materi Pelajaran Terkait: