Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

Bahaya Pemanis Buatan Aspartame

Bookmark and Share
Ada Apa dengan Pemanis Buatan ? - Pemanis buatan menjadi alternatif pengganti gula bagi industri makanan untuk menekan ongkos produksi. Aspartame dan siklamat adalah pemanis buatan yang pailing banyak di gunakan pada industri makanan. Selain tanpa kalori (baik untuk diet), pemanis tersebut juga memiliki kadar rasa antara 30 sampai 300 kali dari pemanis gula.

saat ini, jika kita melihat pada daftar komposisi (ingredients) makanan kemasan pabrik, pemanis buatan sudah hampir pasti ditemukan. Mulai dari minuman kemasan, jus, minuman berenergi, roti, kue, hingga jajanan pasar sudah tidak bisa lepas dari zat-zat ini.

memang masih terjadi perdebatan soal aman dan tidaknya penggunaan pemanis buatan. FDA sendiri mengatakan bahwa aspartame dan sakarin aman digunakan dengan batas batasan tertentu. Namun, menurt sebuah penelitian yang di lakukan di rusia dengan spesimen tikus, diperoleh hasil bahwa tikus- tikus yang di beri aspartame simultan beresiko mengidap besar kanker.

Bahkan rumor yang sempat merebak, aspartame dituduh sebagai tersangka utama wabah pengerasan otak atau sumsum tulang belakang. (pemanis buatan).


Materi Pelajaran Terkait: