Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

komposisi susu sapi segar

Bookmark and Share
Komposisi Susu Sapi Segar

Susu sapi merupakan susu yang paling banyak di konsumsi manusia. Kalau melihat perbandingan komposisi dari susu sapi dan ASI maka komposisinya hampir sama. Jadi berturut-turut untuk susu sapi dan ASI adalah kalori 66 dan 72 (kkal); protein 3,2 dan 1,1 (g); lemak 3,7 dan 4,2 (g); laktosa 4,6 dan 7,0 (g), zat besi 0,1 dan 0,05 (mg); kalsium 120 dan 25 (mg); vitamin A 100 dan 250 (IU).

Perbedaan yang menyolok yaitu pada laktosa, kalsium dan vitamin A. Tetapi karena susu sapi dapat dibuat melalui standarisasi maka dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh susu bagi orang tua yang membutuhkan kalsium tinggi dengan tujuan pencegahan osteoporosis dapat dibuat dengan fortifikasi kalsium, demikian juga untuk anak yang membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang.

Bagi orang tua yang melakukan diet untuk mengurangi konsumsi lemak dapat meminum susu rendah lemak (low fat milk). Yang penting diingat adalah bagaimana melakukan pengolahan sehingga tidak merusak komposisi dan struktur kimia susu sehingga daya cernanya tetap mendekati 100% dan tetap dapat dikategorikan sebagai susu yang bersih dan sehat seperti yang dikehendaki pemanfaatannya oleh Sang Pencipta Alam Semesta.


Materi Pelajaran Terkait: