Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

Curhat Pengalaman Persalinan

Bookmark and Share
Pengalaman Persalinan. Curhat dari ibu yang telah melahirkan.
Ervita Damayanti, ibu dari Alif (2 tahun)

Jalan Pintas


Ada dua pilihan untuk melakukan persalinan, normal atau caesar. Saat ini melahirkan dengan cara normal lebih banyak diminati. Alasannya, biaya lebih murah, pemulihan pasca persalinan lebih cepat, dan lebih terasa jadi “ibu”-nya, karena merasakan sakitnya kontraksi…..Hal inilah yg paling sering aku temui, pandangan negatif yg seolah-olah menuduh aku mengambil jalan pintas untuk menjadi Ibu, karena aku melahirkan Alif lewat operasi caesar…..Dibalik semua alasan itu, apakah mereka yang melahirkan secara normal merasa lebih “pantas” menyandang predikat sebagai Ibu?  Minggu terakhir kehamilan, DSOG-ku menyatakan aku harus menjalani operasi untuk “bertemu” buah hatiku. Alasannya karena posisi anakku sungsang, bayi tidak bisa berputar ke jalan lahir karena lehernya terlilit tali pusar. Kami sebagai orang tua baru, panik mendengar hal itu……Terbayang jeratan tali pusar di lehernya yg membuat gerakan bayi kami jadi terbatas…..pasti dia gak nyaman……akhirnya kami menuruti anjuran dokter demi keselamatan ibu dan bayi…..Rasa takut langsung melanda….duuuuh “operasi” gitu looh……

Meleset dari waktu yg disepakati, ternyata anakku dah buru-buru ingin melihat dunia….jadwal yg tadinya tgl 17 Februari maju karena aku mengalami pecah ketuban tanggal 9 Februari……

Ternyata, Tuhan memberikan kesempatan bagiku untuk “merasakan menjadi ibu”…..aku merasakan kontraksi dari jam 2 pagi sampai waktu operasi jam 8 pagi tiba…..Tetapi sekali lagi, Tuhan menunjukkan kuasanya sebagai penguasa rencana…….Manusia boleh punya jadwal operasi, Tuhan juga yang menentukan…..Jadwal operasiku yg jam 08.00 pagi, harus diundur karena ada seorang ibu yang akan melahirkan, namun detak jantung sang bayi mengkhawatirkan. Sehingga DSOG-ku minta ijin untuk menangani ibu tersebut lebih dulu. Duuuh…si Dokter, gak tau kali ya….dah jungkir balik gini nahan sakitnya. Tapi, mungkin inilah rencana Tuhan supaya aku bisa merasakan nikmatnya kontraksi lebih lama…..Jam 10.30, tiba waktunya aku masuk ruang operasi……saat itu aku merasa Tuhan sangat sayang sama aku…sama sekali gak diberikan rasa takut sedikitpun ……yg aku pikirkan saat itu hanyalah bayiku dan rasa sakit dari kontraksi yg aku alami. Aku berdoa semoga semua ini cepat selesai.

Operasi berjalan dengan lancar dan cepat, cuma 17 menit, anakku dah keluar……lahir dengan selamat tanpa kurang suatu apapun…..Akhirnya setelah sembilan bulan penantian, kami berdua dapat bertatap muka untuk pertama kalinya……..Tanda kebesaranNya…anugrah terbesar dariNya untukku…hadiah ulang tahun terbaik yg pernah diterima suamiku (Alif lahir tanggal 10 feb, suamiku ultah tgl 13 feb)…..Hanya syukur alhamdulillah yg dapat kami panjatkan atas kebahagiaan yang kami terima saat itu…… Saat ini, masih sering kudengar omongan negatif tentang operasi caesar, yang bilang “Mau jadi Ibu, kok, gak mau sakit”……Well…..semua itu hak mereka untuk menilai “perjuangan” seorang wanita untuk menjadi Ibu…tapi bila aku mengenang kembali detik-detik “perjuanganku”, pertama kali menatap mata malaikat kecilku, binar bahagia suamiku saat mengumandangkan azan pertama untuk bayi kami, rasanya bisa kutepis rasa “rendah diri” akibat omongan negatif mereka…..Tapi….apakah benar “perjuanganku” berkurang hanya karena melahirkan lewat operasi caesar?

Witaradyasari (31 tahun), ibu dari Hanifa Putri (2 tahun 6 bulan) dan Imam Fakhri (3 bulan)

Kebetulan sebulan setelah menikah saya langsung dinyatakan hamil… Pertama lihat hasil test pack positif saya agak kaget, gak nyangka secepat itu, tapi berhubung belum pengalaman, pas belanja pun saya tetap angkat yg berat-berat, tetap pake sepatu hak tinggi.. walhasil besok paginya ada flek darah… lagi-lagi dengan begonya saya hanya mengira, “oohh berarti saya gak jadi hamil kali ya??” Sedih banget, namun setelah 2 hari berturut-turut pendarahan, saya disarankan teman untuk periksa ke dokter. Akhirnya saya segera menemui dokter yang praktek di RSB terdekat. Dokternya cuek banget, dia sama sekali gak nyuruh istirahat bahkan tidak memantang untuk “berhubungan”.

Ternyata besoknya tetap terjadi pendarahan. Karena kecewa dengan dokter pertama, saya disarankan untk menelpon dokter kandungan yang masih kenalan orang tua saya. Saya disarankan untuk langsung periksa di RSB tempat dia praktek. Langsung aja saya diberi suntikan penguat dan bed rest selama 1 minggu, alhamdulillah kandungan saya dapat dipertahankan…

Semua berjalan mulus sejak itu, selama kehamilan sama sekali tidak merasakan mual dan muntah-muntah… hamil kebo ceritanya… menjelang due date, malam tahun baru 2004 keluar flek tapi tanpa diikuti dengan kontraksi. Tanggal 1 Januari 2004 pagi-pagi saya periksa ke RSB ternyata baru bukaan 1, saya disuruh pulang dan banyak jalan tetapi tidak kontraksi juga. Sorenya saat jalan-jalan, baru terasa kontraksinya.. awal-awal 10 menit sekali, 7 menit sekali, jadi kami memutuskan untuk balik ke RSB. Tapi karena belum makan malam saya memaksa untuk makan dulu di depan RSB sebelum memeriksakan kandungan saya (nekat ya??). Eh, mertuaku menelpon, katanya udah nyampe di RSB dan dia kaget banget kok yg mau melahirkan masih cuek aja makan malam, sop kaki kambing pula… hahahahaaa…

Sehabis makan barulah kami ke RSB tapi ternyata baru bukaan 3, walaupun setiap kontraksi udah sakiiittt banget…. 2 jam berlalu masih bukaan 5. Di sebelahku ada pasien yang ditangani dokter yang sama denganku, tapi akhirnya melahirkan duluan. Mungkin biar dokternya gak bolak balik ke RS dia menyarankan saya untuk di induksi. waduh… tambah sakit… Saya pegangan terus sama suami, diapun sampe gak tega melihat saya kesakitan begitu. Setelah bukaan 10 saya disuruh mengejan… lupa semua ajaran sewaktu senam hamil… tapi sampe saya kecapean dan disuruh istirahat bayinya gak juga keluar. Rasa sakitnya udah ampun-ampun deh… Akhirnya pukul 00.30 lahirlah putri pertama kami… ternyata bayiku terlilit tali pusar, pantas susah bener… Kami namakan Hanifa Putri Prayogo, lahir dengan panjang 50cm dan berat 2.95kg.

Setelah 1,5 tahun ternyata saya hamil lagi. Kebetulan saya dan suami sudah berencana untuk pergi umrah, jadilah dengan membawa janin umur 2 bulan dalam kandungan, saya menjalankan ibadah umrah. Alhamdulillah saya kembali tidak mengalami mual-mual selama kehamilan bahkan saya juga masih bisa naik ke Jabal Rahmah yang tangganya tinggi banget, ya… pelan-pelan sih, tapi seneng deh bisa nyampe kesana… Di Mekah kami memanjatkan doa supaya anak ke 2 kami laki-laki (hehe biar sepasang…) dan menjadi anak yang sholeh, sehat dan cerdas… amien…

Cobaan saat hamil ada aja, yang BS gak balik lagi, suami dan pembantu kena demam berdarah sampe masuk RS duh… tapi ya dinikmati aja deh.

Menjelang due date saya sudah keluar flek, berdasarkan pengalaman pertama saya cuek aja, nanti kalo udah ada rasa kontraksi baru mau ke RSB. Karena belum terasa kontraksi, saya jalan-jalan aja, bahkan sempet harus gendong Putri. Tetapi karena dekat dengan lokasi RSB akhirnya saya mutusin untuk periksa aja deh, kalo disuruh pulang ya udah gak papa… Ternyata pas periksa dalam udah bukaan 3 jadi gak boleh pulang lagi. Putri dijemput oleh adik saya, sedangkan suami langsung nungguin di RSB.

Herannya saya sama sekali tidak merasa sakit sewaktu kontraksi, dateng jam 8 malam akhirnya disuruh tidur aja. Saya terbangun jam 12 malam gara-gara ada pasien yang baru masuk tau-tau udah bukaan 8…. waduh, keduluan lagi nih, kaya kasus melahirkan pertama… Ternyata dokter yang menangani kelahiran pun sama. Sewaktu dokternya datang untuk proses kelahiran pasien di sebelah, dokternya bilang,”Wita, kamu diinduksi aja ya biar cepet”. Saya sih pasrah aja deh, padahal saat itu saya udah bukaan 7 lho… dan tanpa sakit sama sekali !!! Akhirnya saya tetap diinduksi, beda dengan kelahiran pertama sampai bukaan ke 10 saya sama sekali tidak mengeluh sakit, saya hanya mengontrol napas seperti yang diajarkan susternya sambil nunggu dokternya selesai dengan pasien di sebelah. Kata-kata  aduh maupun  sakit sama sekali tidak keluar dari mulutku… Sejam kemudian bayinya lahir, Imam Fakhri Prayogo panjang 50cm berat 3.25kg.

Bedanya dengan anak pertama, waktu melahirkan pertama kali saya didampingi oleh banyak orang, suami, mamah, papah, tante, tapi anak ke 2 saya hanya ditemani oleh suami. Tapi karena sudah pengalaman, ya… kami PD aja … malah lebih bisa tenang menghadapi masa-masa genting…

Dua sudah anak kami, perempuan dan laki-laki… untuk sementara tutup buku dulu deh dengan memakai KB, gak tau deh kalo nanti beberapa tahun lagi masih pengen nambah, hehehe… Mudah-mudahan anak kami menjadi anak yang baik-baik, sehat, cerdas, gak susah makannya (ini yang suka jadi penyebab stress mamanya..)


Materi Pelajaran Terkait: