Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

Berbagai Masalah Timbul Karena Kafein

Bookmark and Share
Mengkonsumsi kafein berlebihan dapat menimbulkan masalah - Melakukan rutinitasnya sering kali mengkonsumsi kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein untuk menghilangkan rasa ngantuknya. Sebenarnya kafein bisa berdampak positif jika dikonsumsi dengan kadar yang benar.

Sebenarnya kafein adalah zat kimia yang tergolong dalam jenis alkaloid. Kafein berasal dari tanaman yang dapat menstimulasikan otak dan saraf. Selain pada kopi, kafein banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energi drink) maupun
obat-obatan. Kandungan kafein pada secangkir kopi sekitar 80-125mg.

Namun, mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti warna gigi yang berubah menjadi coklat atau gelap, bau mulut, meningkatkan setres, serangan jantung, kemandulan pada pria, gangguan pencernaan, kecanduan, dan bahkan penuan dini. Kafein juga merupakan penyebab utama terjadinya sakit kepala. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah berlebih dipagi hari dapat meningkatkan tekanan darah, tingkat stres, dan memicu produksi hormon penyebab setres.

Kafein bermanfaat untuk mengatasi asma dan batu ginjal, walaupun belum pernah didukung dengan peneitian ilmiah. Selama terjadi gangguan pernapasan, kafein juga dapat meningkatkan daya kerja aspirin dan obat-obat penghilang rasa sakit lainnya. Itu sebabnya, beberapa jenis obat sering ditamabahkan unsur kafein dadalamnya. Untuk wanita penderita diabetes, maag, dan hipertensi, disarankan agar lebih  hati-hati dalam mengkonsumsi produk-produk yang mengandung kafein. konsumsilah segala sesuatu sesuai kebutuhan, jangan terlalu berlebihan dalam segala sesautu, sebab segala sesuatu yang berlebihan itu pastilah kurang baik. Jadi, siapapun yang suka mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein haruslah menggunakannya dengan bijak jika ingin kesehatan meraka bisa terjaga.
pesan buat master-master blogger, jangan minum-minuman kopi trus ya?/@#
wha....ha...ha...    :-)


Materi Pelajaran Terkait: