Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

Sekilas Tentang Rekam Medis

Bookmark and Share
Sekilas Cerita Tentang Rekam Medis - Informasi Seputar Rekam Medis. Apa itu rekam medis? Mungkin  Anda sudah mengetahui konsep rekam medis sebelum membaca artikel ini. Atau mungkin, Anda belum tahu sama sekali tentang pengertian rekam medis? Saya akan menjelaskan pengertian rekam medis, entah Anda sudah mengetahuinya atau belum. Dalam blog ini kita bisa berbagi pengetahuan, informasi dan juga lowongan kerja yang tentunya berhubungan dengan dunia rekam medis.

Rekam medis merupakan penjuruan baru dalam perguruan tinggi di Indonesia. Masih jarang terdapat jurusan rekam medis di setiap perguruan tinggi dan kalau adapun masih berupa jenjang D3. Hanya beberapa perguruan tinggi yang mempunyai jenjang D4 Rekam Medis.
Banyak lowongan pekerjaan bagi perekam medis diberbagai lembaga pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit dari berbagai media cetak terutama internet. Tidak percaya? Cari saja pakai Google dijamin 100% pasti ketemu. Tahun ini banyak dibutuhkan tenaga ahli rekam medis apalagi adanya gerakan Indonesia Sehat 2010, kalau tahun 2011 mendatang masih banyak tidak yah lowongan rekam medis? Berdoalah bagi yang masih semester 2 prodi rekam medis (n.n)
pasti masih ada kok tenang saja, kan di indonesia hanya ada 26 perguruan atau akademik yang menyelenggarakan program studi rekam medis dan informatika kesehatan.

REKAM MEDIS adalah sebuah catatan atau berkas yang berisikan sebuah perekaman mengenai hasil pengobatan pasien. Catatan tersebut berupa identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain kepada pasien pada sarana pelayanan kesehatan.

Kegunaan Rekam Medis sangat diperlukan bagi pelayanan kesehatan terutama pada Rumah Sakit, karena dengan adanya rekam medis para dokter akan terbantu dalam memberikan pelayanannya kepada pasien. Jadi buat dokter dan calon-calonnya dilarang sombong dech. coba kalau tidak ada rekam medis?!. dijamin ribet dan pusing pastinya mengurusi data pasien.

Rekam Medis dan informatika kesehatan itu Penting. Rekam medis adalah profesi yang sangat penting di bidang kesehatan, terutama ketika Undang-undang Perlindungan Konsumen telah berjalan efektif. Kehadiran profesi ini lebih diperlukan karena tuntutan hukum telah semakin sering dilakukan terhadap dokter dan fasilitas pelayanan kesehatan. Setiap rumah sakit tipe A harus memiliki minimal enam profesional rekam medis, sedangkan rumah sakit tipe B minimal empat orang. Untuk memenuhi kebutuhan ini, sekitar 20.000 lapangan pekerjaan terbuka untuk profesional rekam medis seluruh Indonesia. Mungkin bidang-bidang kesehatan yang lain mengalami kemunduran dalam penyerapan tenaga kerja, tapi ini tidak berlaku untuk rekam medis. Mengapa demikian?..

Ini dikarenakan rekam medis sekarang ini adalah jurusan baru yang terHOT yang baru dibuka dan dilaksanakan. Walaupun belum 100% optimal dalam sistem kerjanya tapi seiring waktu dan zaman pasti rekam medis akan melangkah dengan pasti.


Materi Pelajaran Terkait: