Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

Kode Etik dan Pekerjaan Rekam Medis

Bookmark and Share
Kode Etik dan Pekerjaan Rekam Medis - Seorang rekam medis harus mempunyai semangat yang tinggi akan pekerjaan yang digelutinya, kalau tidak begitu seorang rekam medis akan selalu malas akan tumpukan berkas-berkas yang harus dia selesaikan.

tugas atau pekerjaan seorang perekam medis.
1. Paling penting yang harus dimiliki seorang ahli perekam medis adalah "ramah senyum"
2. Selanjutnya, perekam medis harus tau tentang cara dan prosedur alur rawat jalan dan rawat inap
3. Seorang perekam medis juga harus tau tentang kode-kode penyakit
4. Faktor ingatan juga penting, buat pengingat wajah-wajah pasien. Ah... ga penting-penting amat ceee
5. Terakhir,, info lebih lanjut. Silahkan hubungi dokter.
Dengan semakin berkembangnya dunia kesehatan di Indonesia, rekam medik mempunyai peranan tidak kalah pentingnya dalam menunjang pelaksanaan Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Rekam medik sangat penting selain untuk diagnosis, pengobatan juga untuk evaluasi pelayanan kesehatan, peningkatan efisiensi kerja melalui penurunan mortalitas & motilitas serta perawatan penderita yang lebih sempurna. Rekam medik harus berisi informasi lengkap perihal proses pelayanan medis di masa lalu, masa kini & perkiraan terjadi di masa yang akan datang.

Kepemilikan rekam medik sering menjadi perdebatan di kalangan kesehatan, karena dokter beranggapan bahwa mereka berwenang penuh terhadap pasiennya akan tetapi petugas rekam medik bersikeras mempertahankan berkas rekam medik di lingkungan kerjanya. Di lain pihak, pasien sering memaksa untuk membawa atau membaca berkas yang memuat riwayat penyakitnya. Hal ini menunjukan bahwa rekam medik sangat penting.

Sedangkan kode etik sebagai seorang rekam medis adalah sebagai berikut;

KODE ETIK REKAM MEDIK
Rekam Medis dan informasi kesehatan merupakan aspek penting untuk mendukung keberhasilan pembangunan kesehatan.Oleh karena itu pengembangan sistem dan penerapannya di dukung oleh tenaga profesi yang berkualitas,karena informasih Rekam Medik menyangkut kepentingan dan kerahasiaanpribadi pasien.Maka perekam medis perlu merumuskan perilaku profesi dalam mempertanggungjawabkan segala tindakan baik kepada pasien maupun masyarakat luas.

Ada beberapa hal yang menyangkut tentang Kode Etik Perekam Medis adalah.
a.Kewajiban umum.
b.Perbuatan atau tindakan.
c.Peningkatan kpengetahuan dan kemampuan.
d.Kewajiban terhadap profesi.
e.Kewajiban terhadap diri sendiri.

Sebagai perekam medis harus mengutamakan pelayanan daripada kepentingan pribadi dan perekam medis juga wajib menjaga serta menyimpan data rekam medis dan menjunjung tinggi dokrin kerahasiaan data pasien.

Orang yang bekerja sebagai perekam medis harus pengetahuan dan kemampuan yang tinggi di bidang teknologi yang berkaitan dengan perkembangan di bidang Rekam Medis.


Materi Pelajaran Terkait: