Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

Protein Gelatin Bahan Pembuat Gell

Bookmark and Share
Protein Gelatin Bahan Pembuat Gell dari judul diatas mungkin kita bertanya-tanya apa itu galatin, kok bisa digunakan sebagai bahan pembuat gell. sedikit ilmu tentang apa sich gelatin itu .
gelatin adalah produk-produk alami yang diperoleh dari hidrolisis parsial kalogen. Gelatin merupakan protein yang larut yang bisa bersifat gelling agent (bahan pembuat gell) atau sebagai non gelling agent. Gelatin hampir tidak mempunyai rasa dan bau, sehingga dengan mudah "menyesuaikan" diri dengan produk yang dihasilkan. Sumber bahan baku gelatin dapat berasal dari sapi (tulang dan kulit jangat), babi (kulit) dan ikan (kulit). Karena gelatin merupakan produk alami, maka bisa diklasifikan kedalam bahan pangan bukan bahan tambahan makanan.

Gelatin banyak digunakan pada industri pembuatan film foto, kapsul lunak, produksi cangkang kapsul, farmasi dan makanan. Pada industri makanan, biasanya digunakan

untuk membuat jelli dan indutri daging serta susu. Fungsi utama gelatin di dalam industri ini adalah untuk meningkatkan elastisitas, konsisitensi dan stabilitas produk pangan yang dihasilkan. Gelatin babi mengambil peran sebanyak 45% dan gelatin sapi memberi kontribusi sebesar 55% dalam industri pangan saja. Dengan selisih yang kecil ini, kita perlu ekstra waspada terhadap gelatin, karena banyak gelatin babi yang beredar di pasaran. Padahal, gelatin yang bersal dari pun harus kita teliti lagi kehalallanya. Apakah berasal dari sapi yang disembelih sesuai syariat islam ataukah tidak.

Sebagai solusi, kini telah dikembangkan gelatin dari ikan dan gelatin nabati. gelatin nabati ini fungsinnya mirip dengan gelatin hewani dan bisa dibuat dari gluten gandum atau serealia lainya. Beberapa contoh gelatin nabati antara lain : berbagai jenis agar-agar dan gelose, karagenan, pektin, xantan gum dan tepung jagung termodifikasi (modifed corn starch).


Materi Pelajaran Terkait: