Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

Jenis Semangka, Semangka Tanpa Biji

Bookmark and Share
Jual Semangka
 Jenis-Jenis Semangka dan khasiatnya. Semangka tanpa biji kini yang paling dicari. Alasannya, yang berbiji sulit dinikmati, karena kita menjadi repot menyisihkan biji-bijinya. Sementara semangka tanpa biji bisa langsung dimakan, tanpa halangan. Kalaupun ditemukan bijinya, biasanya jumlahnya terbatas dan tidak berkembang sempurna, sehingga tak masalah jika mesti ditelan, karena tidak mengganggu kenikmatan.

Semangka lokal unggul, tapi berbiji, yang mudah ditemukan adalah jenis semangka sengkaling. Dinamai demikian karena benih semangka impor ini awalnya dibudidayakan secara besar-besaran 20-an tahun lalu di daerah Sengkaling, Malang, Jawa Timur. Ukurannya tanggung (2 4 kg), daging merah cenderung pucat, rasanya manis renyah, tidak terlalu berair. Jika dipanen setelah tua/matang, daging buahnya ‘merekah’ dan agak masir (sandy). Cirinya: kulitnya tipis berwarna hijau gelap.
semangka tanpa biji


Semangka tanpa biji yang mudah ditemukan di pasar swalayan adalah jenis ’sugar baby’. Ukurannya sedang (4 kg), buah bulat, kulit hijau gelap. Jika dibelah, daging buahnya berwarna merah menyala dan masih sedikit memiliki biji. Biji-bijinya umumnya tidak berkembang, sehingga tampak seperti biji muda atau biji kempis. Jadi, bukannya tidak berbiji sama sekali. Semangka ini rasanya sangat manis.

Jika Anda menemukan semangka berwarna kuning di pasar swalayan, biasanya adalah jenis semangka ‘yellow baby’. Rasa manisnya tidak beda dengan ’sugar baby’. Bedanya, yang ini daging buahnya berwarna kuning cerah. Warna hijau pada kulitnya pun lebih pucat dibanding semangka merah ’sugar baby’.

Meskipun jarang, sesekali tampak juga semangka berbentuk lonjong dipajang di pasar swalayan. Daging buahnya kompak dan padat, sehingga beratnya bisa mencapai 9 kg! Kulitnya hijau gelap, daging buahnya bertekstur lembut dan rasanya manis. Kalau Anda beruntung bisa mendapatkannya, semangka asal Taiwan ini namanya ‘new dragon’.


Materi Pelajaran Terkait: