Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

Kendala Dalam Rekam Medis

Bookmark and Share
Kendala Dalam Rekam Medis - Seiring dengan tuntutan terhadap sistem pelayanan di rumah  sakit,maka sudah seharusnya setiap rumah sakit maupun puskesmas memiliki tenaga rekam medis minimal 4 orang.keberadaan tenaga rekam medis sangat membantu dalam melayani pasien ataupun pengunjung.Tetapi kenyataan sekarang yang dihadapi adalah kurangnya tenaga rekam medis.Tenaga rekam medis sekarang yang ada kebanyakan bukan berasal dari lulusan rekam medik.tetapi berasal dari jurusan lain. Sering terjadi kesalahan dalam pengolahan data medik,hal ini disebabkan karena kurangnya keahlian dari tenaga rekam medis tersebut.Hal ini dapat mengganggu sistem pelayanan di rumah sakit.

Rekam medis merupakan penjuruan baru dalam perguruan tinggi di Indonesia. Masih jarang terdapat jurusan rekam medis di setiap perguruan tinggi dan kalau adapun masih berupa jenjang D3. Hanya beberapa perguruan tinggi yang mempunyai jenjang D4 Rekam Medis. Selain kurangnya tenaga ahli rekam medis, kendala lain yang dihadapi adalah sarana pendukung yang kurang.Penggunaan alat-alat berteknologi tinggi seperti komputer sangat membantu tenaga rekam medis dalam menjalankan tugasnya. selain mempermudah tugas seorang rekam medis alat-alat elektronik (komputer) yang mendukung akan memudahkan pengumpulan dan pencarian data-data pasien jika dibutuhkan oleh seorang dokter secara cepat dapat ditemukan.

software yang mendukung kinerja seorang rekam medis adalah kendala yang sangat ketara, belum adanya software-software yang dibuat khusus untuk seorang rekam medis dan informatika kesehatan.


Materi Pelajaran Terkait: