Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

Posisi Tidur ibu yang sedang Hamil

Bookmark and Share
Adakah yang bisa dilakukan agar ibu bisa tidur nyenyak selama hamil ?

Jika Anda merasa sangat kurang tidur malam, selain anjuran yang biasanya diberikan, seperti menghindari alkohol, tembakau, mengatur suasana kamar yang nyaman, beberapa cara berikut ini dapat dicoba demi mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak:

- Hentikan olah tubuh 4 jam sebelum tidur.

Olahraga yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan mengganggu, karena tubuh membutuhkan jeda untuk istirahat sejenak setelah beraktivitas.

- Membangun rutinitas santai sebelum tidur.

Suasana santai akan membuat Anda merasa lebih nyaman, pikiran Anda lebih tenang, hingga tubuh menjadi lebih mudah melemas dan tertidur.

- Jangan dipaksa tidur.

Jika mata Anda tak juga terpejam setelah 20 – 30 menit berbaring, bangkitlah dan pergi ke ruangan lain. Carilah kegiatan yang menenangkan, misalnya mendengarkan musik atau membaca. Jika Anda mulai mengantuk, bergegaslah pergi tidur.

- Jangan minum terlalu banyak.

Cairan sangat dibutuhkan selama masa hamil, tetapi sebaiknya Anda mengatur kebutuhan cairan ini dengan banyak minum di waktu siang, dan semakin berkurang menjelang waktu tidur. Hal ini akan sangat membantu Anda mengurangi jumlah gangguan tidur karena pergi ke toilet yang sering terjadi pada malam hari.

- Tidur menyamping.

Lakukanlah hal ini sejak trimester pertama. Para ahli mengatakan bahwa posisi tidur menyamping membantu kelancaran aliran darah dan nutrisi pada janin dan rahim, juga membantu ginjal mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan.


Materi Pelajaran Terkait: