Terbaru - Disclaimer - Privacy Policy - Contact Us - Daftar Isi

Hubungan Haid dengan Kanker Payudara

Bookmark and Share
Haid yang tak teratur seringkali membuat wanita cemas karena sering dikaitkan dengan ketidaksuburan. Namun menurut para ahli, wanita yang haidnya tak teratur justru jauh dari risiko terkena kanker payudara. Kesimpulan tersebut dibuat oleh para ahli dari Harvard School of Public Health, Boston, AS, lewat risetnya yang melibatkan lebih dari 116.000 wanita.

Dalam penelitiannya, tim periset mengevalusi data dari Nurses Health Study II, sebuah studi yang melibatkan para wanita berusia 25 hingga 42 tahun. Informasi mengenai infertilitas dan ovulasi dikumpulkan setiap dua tahun, dimulai dari tahun 1989, sedangkan kasus kanker payudara baru dimasukkan sejak tahun 2001.

Diketahui bahwa ada 1375 kasus kanker payudara yang terdiagnosa. Secara umum, wanita yang memiliki jadwal haid tak teratur risikonya turun 25 persen terkena kanker payudara, dibandingkan dengan mereka yang haidnya teratur. Bahkan risiko kanker payudara lebih rendah lagi pada wanita yang sedang mengikuti terapi kesuburan. "Hasil penelitian ini bisa meyakinkan para wanita dan dokter yang khawatir pada dampak jangka panjang terapi kesuburan yang mereka lakukan," kata Dr. Kathryn L.Terry, yang memimpin riset.


Materi Pelajaran Terkait: